HEADLINE NEWS

Senin, 18 April 2011

Akhirnya Tebusan Untuk Perompak Somalia Disepakati

Proses negosiasi dengan perompak Somalia hampir selesai. Nilai tebusan yang harus dibayarkan untuk membebaskan awak kapal MV Sinar Kudus sudah disepakati.
Demikian dikatakan oleh Menko Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto di sela rapat kerja pemerintah dan dunia usaha di Istana Bogor, Senin (18/4/2011).
"Kelihatannya sudah (hampir selesai negosiasi). Kalau sudah sampai tahap itu nanti saya bilang," ujar Djoko.
Meski begitu, Djoko tidak mau mengungkapkan berapa nilai tebusan untuk pembebasan yang disepakati antara pemilik kapal Sinar Kudus dengan pimpinan perompak Somalia itu. "Kalau saya bilang X, nanti nilainya disebut terlalu besar," kilahnya.
Menurut Djoko, berapa pun nilai yang disepakati untuk ditebuskan kepada perompak itu, tidak menjadi masalah. Yang penting, tutur dia para awak kapal Sinar Kudus bisa selamat.
"Bagi saya manusia itu tidak bisa dinilai dengan uang. Prioritasnya keselamatan awaknya," katanya lagi.
Djoko membantah bahwa selama ini pemerintah bersikap diam dan tidak bekerja untuk segera membebaskan para sandera itu. Pemerintah, katanya telah memilih cara yang terbaik. "Bukan berarti opsi lain (militer) itu kita lemah. Harus ada perhitungan yang matang, data yang lengkap untuk pembebasan itu," tandasnya. [m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar