HEADLINE NEWS

Kamis, 23 Juni 2011

Kebijakan Nopol Ganjil-Genap Diuji Coba Agustus

Jakarta: Dua bulan lagi, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersama dengan Pemprov DKI Jakarta akan menguji kebijakan pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem nomor polisi ganjil dan genap. Direncanakan, sistem itu bisa segera diuji coba sekitar Agustus 2011.

"Sekarang masih dilakukan pengkajian, rencananya Agustus 2011 nanti sudah bisa diuji coba dan direalisasikan pada bulan Oktober," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Royke Lumowa saat dihubungi, Rabu (22/6).

Menurut Royke, saat ini pihaknya terus melakukan kajian, apakah nantinya pembatasan kendaraan akan menggunakan sistem nopol ganjil genap atau berdasarkan warna.

Di satu sisi, diungkapkannya, penerapan sistem nopol ganjil genap membutuhkan pengawasan yang lebih sulit namun dinilai lebih relevan. Meski begitu, penerapan keduanya harus diujicobakan untuk dilihat hasilnya.

"Kita lihat mana yang lebih efektif dan tidak merugikan banyak pihak, sehingga saat perhelatan SEA Games pada November mendatang sudah bisa dilaksanakan," ujarnya.

Diungkapkan Royke, penerapan kebijakan nopol ganjil genap bisa diterapkan pada Senin dan Jumat. Pemilihan dua hari itu sebagai hari pelaksanaan bukan tanpa sebab. Senin pagi dan Jumat sore adalah puncak kepadatan di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar