HEADLINE NEWS

Minggu, 19 Juni 2011

Sambangi Rusia, Hatta Gaet Investasi US$ 6 Miliar

Jakarta: Menko Perekonomian M. Hatta Rajasa mendatangi Rusia untuk menghadiri St.Petersburg International Economic Forum pada tanggal 16-17 Juni 2011. Di sana Hatta mendapat komitmen investasi US$ 6 miliar.

Demikian disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Amir Sambodo, Sabtu (18/6/2011).

"Menko Perekonomian M.Hatta Rajasa bertemu dengan pengusaha pengusaha Rusia yang berminat berinvestasi di Indonesia, antara lain di sektor pertambangan dan Nickel smelter dengan rencana investasi mencapai US$ 6 miliar," tuturnya.

Selain itu juga dijajaki kerjasama di sektor pangan. Terdiri dari pengadaan gandum dan terigu, teknologi di sektor perminyakan, dan infrastruktur kereta api.

Pemerintah Rusia mengajak kerjasama Indonesia mengembangkan kerjasama ekonomi dan investasi berbasis inovasi melalui pengembangan sains dan teknologi.

"Kedua belah pihak sepakat untuk untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut di tingkat Menteri," kata Amir.

Amir mengatakan, Hatta diundang oleh pemerintah Rusia menghadiri St.Petersburg International Economic Forum pada tanggal 16-17 Juni 2011. Hatta akan menyampaikan presentasi tentang Asia Pacific Economic Cooperation (APEC): The Evaluation and Continuation of A Substantial Agenda.

Dalam APEC rountable discussion diselenggarakan sebagai persiapan Russia menjadi Chairmanship APEC tahun 2012.

"Dalam roundtable tersebut dibahas perkembangan kemajuan kerjasama APEC yang pada tahun ini dipegang USA, termasuk prioritas kerjasama APEC yg dipilih untuk 2011 yaitu memperkuat integrasi ekonomi regional dan perluasan perdagangan, mengedepankan pertumbuhan yang ramah lingkungan (green growth), memperkuat kerjasama di bidang peraturan dan sinkronisasi peraturan," jelas Amir.

Perwakilan dari Jepang menyampaikan pengalaman Jepang sebagai tuan rumah APEC 2010 bahwa agenda yang dibahas dalam kerjasama APEC adalah adanya kontinyuitas dan evolusi, tidak mengikat, dan sifatnya lintas sektor (cross cutting issues).

"Indonesia sebagai tuan rumah APEC 2013 akan menjalin hubungan yang dekat dengan Russia agar agenda dan prioritas APEC dijaga kontinyuitasnya," tukas Amir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar