HEADLINE NEWS

Senin, 18 April 2011

PPATK: Ada Eks Petinggi TNI di Kasus Malinda

Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan melacak ada mantan pejabat negara yang terkait kasus penilepan dana nasabah Citibank dengan tersangka Malinda Dee alias Inong Malinda. Tidak hanya mantan pejabat negara, PPATK juga menemukan ada mantan petinggi TNI.
"Ada beberapa mantan pejabat dan mantan petinggi TNI," kata Ketua PPATK Yunus Husein saat dihubungi Senin, 18 April 2011.
Meski demikian, PPATK menegaskan belum melihat adanya keterkaitan antara kasus Malinda Dee dengan mantan Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Marsekal Madya TNI Rio Mendung Thalieb.
Sayangnya, Yunus enggan menyebut siapa nama mantan petinggi TNI itu. Yunus juga enggan 'membocorkan' institusi tempat mantan petinggi TNI itu kini mengabdi.
Siapa nama petinggi TNI itu? "Kami belum bisa sebutkan," kata pria yang juga anggota Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum ini. PPATK sudah berkoordinasi dengan Markas Besar Polri atas temuan-temuan itu.
Untuk nama-nama mantan pejabat, PPATK sudah melaporkan Badan Reserse dan Kriminal Polri. Termasuk temuan adanya nama-nama mantan pejabat negara dan mantan petinggi TNI.
Sebelumnya, Yunus mengatakan tindakan Malinda Dee itu sudah menyalahi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.
Malinda diketahui memiliki 30 rekening yang tersebar di delapan bank dan dua perusahaan asuransi. Tidak hanya itu, mantan Vice President Relationship ini juga memiliki empat identitas Kartu Tanda Penduduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar