HEADLINE NEWS

Rabu, 22 Juni 2011

Putra Mantan Sekretaris Ical Ikut Cicipi Uang Korupsi Alkes

Jakarta: Ronny, putra terdakwa Sekretaris Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Sesmenko Kesra) Sutedjo Yuwono, ikut mencicipi jatah proyek pengadaan alat kesehatan (alkes) untuk penanggulangan wabah flu burung dari ayahnya.

Hal itu diketahui dalam sidang lanjutan terdakwa mantan anak buah Aburizal Bakrie ini. Saksi dari staf pemasaran paruh waktu di PT Esa Medika, Thomas Paulus mengungkapkan, ada delapan staf pemasaran lepas di PT Esa Medika termasuk dirinya dan Ronny yang mempunyai tugas menggolkan perusahaannya dalam proyek alkes di lingkungan swasta ataupun pemerintahan.

Dari total proyek sebesar Rp98,6 miliar, Thomas mengaku dirinya bersama putra Sutedjo Yuwono dan haji Nasruddin mendapat sebesar Rp3 miliar.

"Komisi untuk Ronny dibelikan satu unit mobil Toyota Kijang," kata Thomas, ketika menjalani kesaksian di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Selasa (21/6).

Mobil itu lantas dibelikan untuk ibu Ronny alias istri terdakwa Sutedjo yakni Endang Purwadi. Pembayaran mobil sebesar Rp200 juta dititipkan Ronny kepada Thomas.

"Ibunya (Endang) sedang sakit masih di Cina, akan kembali setelah pengobatan. Maka butuh kendaraan yang steril," ungkap saksi Thomas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar